Cara Termudah dan Tercepat Membuat Subdomain dan Ide-Ide Pemanfaatannya

Kali in saya ingin membahas tentang pembuatan subdomain. Bagi para mastah yang sudah biasa dengan dunia per-website-an, hal ini tentu sudah tidak asing lagi. Namun bagi para pemula, pemahaman akan hal ini bisa jadi akan membuka banyak peluang dan ide-ide yang siap dieksekusi.

Tidak seperti tutorial pembuatan subdomain pada umumnya, saya akan menambahkan ide-ide yang bisa diterapkan jika Anda sudah paham dengan hal yang satu ini.

Sebelum berpanjang lebar, tutorial ini hanya bisa dipahami dengan mudah jika Anda sudah mengetahui apa itu domain, apa itu hosting, dan apa itu cpanel. Jika Anda masih bingung membedakannya, saya sudah merangkum dengan jelas dan mudah yang bisa Anda baca di sini.

Oke, jika Anda sudah memahami tentang apa itu domain dan hosting, maka panduan kali ini akan lebih mudah dipahami.

Langsung saja.

Subdomain adalah ‘turunan’ dari domain utama yang kita miliki. Mudahnya seperti itu. Layaknya penyebutan istilah ‘sub’ pada suborganisasi, atau subseksi. Jadi subdomain hanya bisa muncul jika sudah ada domain utama yang menjadi induknya.

Pertimbangan subdomain ini juga bisa Anda pakai saat memilih sebuah nama domain dengan lebih smart.

Misalnya, ada suatu sekolah yang memiliki beberapa cabang sebut saja sekolah paud filokids. Daripada Anda harus membelikan setiap cabang sekolah tersebut di dengan domain sendiri-sendiri seperti filokids-pasuruan.sch.id, dan filokids-surabaya.sch.id, maka akan lebih hemat dengan cukup membeli nama domain filokids.sch.id. Sebab nanti kita bisa memberikan subdomain untuk website setiap cabang sebagai tanda bahwa sekolah tersebut merupakan suatu kesatuan manajemen dengan sekolah filokids lainnya. Maka masing-masing cabang sekolah memiliki URL website pasuruan.filokdis.sch.id dan surabaya.filokids.sch.id.

Dengan memanfaatkan fasilitas subdomain, maka Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk pembelian domain setiap cabang sekolah. Hemat kan? Perlu Anda ketahui, biaya setiap domain harus diperpanjang setiap tahun! Tapi dengan menggunakan teknik subdomain ini, Anda cukup memperpanjan satu domain saja untuk puluhan bahkan ratusan cabang yang adan.

Hal ini juga dapat dilakukan untuk perusahaan, warung dengan banyak cabang, atau bahkan website /blog personal milik keluarga.

Misalnya sekarang lagi trend anak diberikan nama keluarga seperti Warjono. Katakanlah nama anak-anaknya adalah Fitri Warjono dan Syuhada Warjoono. Maka Anda cukup membeli satu domain warjono.com dan setiap anak diberikan URL masing-masing dengan subdomain fitri.warjono.com dan syuhada.warjono.com

Sampai disini Anda pasti sudah paham kan fungsi dan manfaat dari subdomain?

Dengan menggunakan subdomain, secara pengelolaan bisa jadi mirip seperti website yang ‘berdiri sendiri-sendiri’. Meski tetap terikat pada domain utamanya. Artinya, perubahan dan setting yang dilakukan pada website di subdomain tidak akan mempengaruhi website di subdomain lain atau di domain utamanya. Tentu dengan catatan setting yang dilakukan tidak sampai mengubah ‘daleman’.

Misalnya di setiap subdomain dan domain utama diinstall website menggunakan wordpress seperti saya contohkan di tulisan saya sebelumnya, maka setiap website berdiri secara mandiri tanpa ada hubungan dengan yang lain.

Jadi makin paham kan sekarang?

Nah berikut ini saya sertakan video tutorial bagiamana membuat subdomain untuk domain kita sendiri. Tutorial ini sangat singkat karena memang sangat mudah sekali membuat subdomain, jadi jangan sampai tidak menontonnya jika Anda masih belum paham.

 

Ide-Ide untuk mempermudah sebagai contoh:

Perusahaan/Bisnis

Domain utama: margahayu.com
Subdomain untuk cabang:

  • jakarta.margahayu.com
  • pontianak.margahayu.com

Organisasi

Domain utama: persosi.or.id
Subdomain untuk cabang

  • makassar.persosi.or.id
  • majalengka.persosi.or.id

Keluarga

Domain utama: Singodimedjo
Subdomain untuk anggota keluarga

  • aris.singodimedjo.com
  • haki.singodimedjo.com

Semoga tutorial kali ini bermanfaat.

Jangan lupa share ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Ebook

Resep Ampuh Main Admob Hasilkan Ratusan Dolar per Bulan

Kemana Saya kirimkan Ebooknya?

STAY CONNECTED

ABOUT

PinterIM.com adalah blog yang membahas bagaimana menciptakan bisnis online yang paling sesuai dengan Anda dan paling nyaman dikerjakan.

Copyright 2018 @ PinterIM