Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri Tanpa Biaya Tambahan

Sebagai pelaku aktivitas online, email adalah prasyarat pertama yang wajib dimiliki setiap orang. Hampir semua fasilitas dan aplikasi di internet membutuhkan email sebagai syarat agar untuk dapat menggunakannya.

Jika Anda sudah dapat membaca tulisan ini, saya pastikan Anda sudah memiliki sebuah email yang Anda gunakan untuk berkomunikasi.

Email dapat diperoleh gratis dari layanan penyedia email seperti yahoo dan gmail. Saran saya gunakan penyedia gmail karena sudah teruji untuk segala kebutuhan dan dengan satu email kita sudah dapat menikmati semua fasilitas layanan milik google seperti youtube, google docs, dll.

Namun bagi pebisnis online, memiliki email dengan nama domain adalah suatu prestise tersendiri. Akan ada kebanggaan jika saat diminta email, kita menuliskan alamat email dengan nama domain website kita seperti namaku@websiteku.com. Tentu ini akan berbeda daripada biasanya emailku@gmail.com

Beberapa benefit antara lain:

  1. Berbeda dari yang lain;
  2. Meningkatkan kepercayaan calon klien;
  3. Meningkatkan ‘persepsi’ terhadap bisnis/diri kita;
  4. Mudah diingat karena sudah terasosiasi dengan bisnis kita.

Jika saat ini Anda sudah memiliki website sendiri namun belum menggunakan “email dinas” sebagai komunikasi sehari-hari Anda, maka hal itu tentu sangat disayangkan.

Padahal cukup mudah untuk membuat email sendiri menggunakan nama domain kita, bahkan tanpa tambahan biaya lagi jika Anda sudah memiliki domain dan hosting untuk website

Berikut ini panduan membuat email dengan nama domain sendiri.

Silakan masuk ke cpanel website Anda. Biasanya dapat diakses di alamat namawebsite.com/cpanel. Jika Anda belum memiliki domain dan hostng sendiri silakan dapat memiliki di sini.

Setelah login, Anda akan mendapatkan tampilan seperti di bawah ini, pilih Email Accounts pada kumpulan menu Email.

Kemudian Anda akan menemui tampilan seperti di bawah ini, ikuti petunjuk berikut ini dalam pengisiannya:

#1 : Isi dengan nama email yang Anda inginkan. Bebas.
#2 : Pastikan memilih nama domain sesuai dengan domain website/blog kita.
#3 : Isikan password
#4 : Ulangi mengisi password seperti langkah #3
#5 : Pilih ‘Unlimited’. Ini adalah kapasitas penyimpanan email Anda nantinya. Besar kapasitas ini sesuai dengan besarnya kapasistas hosting yang Anda sewa.
#6 : Klik Create Account

Maka email personal dengan nama domain Anda sudah siap digunakan.

Untuk mengakses email Anda silakan menuju ke alamat domainanda.com/webmail. Tampilan akan seperti di bawah ini.

Isikan email address dan password sesuai dengan saat Anda membuat email tadi.

Saat pertama kali Anda mengakses email, Anda akan dihadapkan pada tampilan seperti di bawah ini. Pilih Set as Default di bawah logo roundcube. Ini adalah aplikasi untuk membuka email Anda nantinya. Kemudian klik sekali lagi logo roundcube untuk masuk ke antarmuka webmail Anda.

Selamat, Anda sudah siap menggunakan email pribadi Anda dengan nama domain sendiri. Tampilan email akan seperti ini. Di sini Anda dapat mengirim email, melihat inbox, dan melihat arsip email terkirim layaknya keperluan email pada umumnya.

Tips penggunaan email dengan domain sendiri:

  1. Hanya gunakan untuk keperluan dengan klien/keperluan bisnis saja, jangan gunakan untuk mendaftar newslette/mendaftar aplikasi sosial media karena akan memenuhi kuota hosting Anda.
  2. Rajin menghapus email yang sudah tidak digunakan. Jangan samakan dengan layanan email di gmail yang akan mengarsipkan email Anda sampai ribuan email.
  3. Pastikan yang masuk hanya email-email penting.

Kelemahan menggunakan webmail sebagai antarmuka mengelola email ini adalah tampilan yang kurang familiar dan fitur yang terbatas. Tapi tenang, pada tutorial selanjutnya akan saya berikan panduan bagaimana mengakses email dengan domain sendiri namun menggunakan antarmuka gmail tanpa biaya tambahan alias gratis.

Dengan trik ini, Anda dapat mengirim dan menerima email domain layaknya menggunakan layanan gmail seperti biasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Ebook

Resep Ampuh Main Admob Hasilkan Rarusan Dolar per Bulan

Title on your opt-in popup

CUSTOMER SERVICE

  • Search
  • Terms
  • Advanced
  • Search
  • Order and Returns
  • Contact Us
  • RSS
  • Help & FAQs
  • Consultant

STAY CONNECTED

ABOUT

PinterIM.com adalah blog yang membahas bagaimana menciptakan bisnis online yang paling sesuai dengan Anda dan paling nyaman dikerjakan.

Copyright 2018 @ PinterIM