7 Pekerjaan Part Time yang Cocok Dilakukan Karyawan di Sisa Waktunya

Izinkan saya bercerita sedikit.

Sebelum saya menuliskan artikel ini saya sengaja meriset sedikit tentang berapa banyaknya orang melakukan pencarian kata kunci “part time” di mesin pencari google. Ternyata asilnya cukup banyak, rata-rata dalam setahun ini ada 300.000 kali per bulan orang melakukan pencarian informasi mengenai part time (dan berbagai mancam variannya).

Maka saya berkesimpulan ternyata cukup banyak orang yang memerlukan pekerjaan tambahan yang tentu berharap akan memiliki tambahan penghasilan.

Jika saya teliti lebih lanjut secara sederhana mengenai perilaku pencarian mereka mengarah pada pencarian lowongan pekerjaan yang bisa dilakukan oleh para karyawan di sela-sela/di sisa waktu perkerjaan utama mereka.

Saya jadi teringat punya teman yang juga demikian adanya, dia ingin memanfaatkan waktu luangnya setelah menyelesaikan pekerjaan utamanya dengan harapan mendapatkan penghasilan tambahan. Syukur-syukur jika jumlahnya melebihi penghasilan utamanya.

Melihat hal itu saya tertarik membuat daftar 7 pekerjaan yang bisa dilakukan secara part time oleh para pekerja kantoran dengan sisa waktu dan energi yang tinggal sedikit dan tanpa keterikatan kontrak yang terlalu ketat. (Saya tahu capeknya seharian bekerja di kantor meskipun hanya duduk-duduk saja).

Saya menyusun ini berdasarkan pengalaman, cerita dari teman, dan informasi-informasi yang saya dapatkan. Tidak perlu semuanya dikerjakan. Pilih saja salah satu yang paling cocok dan kerjakan di sisa-sisa waktu kerja kamu. Berikut ini daftarnya:

1.    Menjadi Freelancer Online

Apapun keahlian kita, cobalah untuk mengasahnya lebih sering dan beranilah untuk menawarkan jasa kita menjadi seorang freelancer. Sudah banyak contoh nyata hanya dengan menjadi freelancer dan dikerjakan di sisa waktu yang dimiliki, mereka memperoleh penghasilan yang tidak sedikit. Saya berikan dua contoh tempat dimana kita bisa menawarkan keahlian kita dan bidang apa saja yang bisa ditawarkan:

Freelancer.co.id

Ini adalah situs freelancer lokal asli indonesia yang bisa kita manfaatkan. Silakan kunjungi dan pelajari lebih lanjut. Mengenai bidang pekerjaan apa saja yang laku dijual, berikut ini saya berikan daftarnya

List peluang pekerjaan yang bisa kita kerjakan dengan cara sambilan di sela-sela waktu ngantor kita. Sumber: freelancer.co.id

ss-freelance pinterim.com
Beragam peluang penghasilan di waktu part-time yang bisa kita kerjakan

Ternyata banyak sekali, kan? Cukup pilih salah satu dari sekian banyak keahlian yang laku di jual seperti daftar di atas. Tidak perlu semuanya karena saya juga tidak ahli di semua bidang di atas 😀

Ada beberapa bidang di atas yang saya geluti dan saya gunakan untuk mendapatkan penghasilan tambahan di sela-sela pekerjaan utama saya, seperti membuatkan website, membantu menghasilkan penjualan tuntuk orang lain, dll.

Jika Anda bisa berbahasa inggris, itu keuntungan lebih karena Anda bisa memasarkan keahlian ke seluruh dunia. Berikut ini salah satu tempat freelancer dunia berkumpul dan menawarkan keahliannya.

Freelancer.com

Ini adalah versi internasional dari layanan sebelumnya, pangsa pasarnya pun seluruh dunia dan dibayar dolar!

Fiverr.com

Situs satu ini menyediakan layanan untuk mempertemukan orang berkeahlian spesifik (bahkan aneh) dengan orang yang memerlukan keahlian tersebut. Beda utama dengan dua layanan di atas adalah level layanan yang ditawarkan biasanya dibuka dengan harga $5 dolar saja. Namun tidak menutup kemungkinan untuk menarik tarif lebih mahal lagi untuk layanan yang lebih kompleks.

Yang bisa memperoleh penghasilan besar dari situs ini tidak hanya orang dengan skill yang sudah sangat ahli, namun juga jasa-jasa aneh yang bisa jadi kita tidak terpikir, seperti “Saya akan berfoto di depan menara Eiffel dengan memegang nama kamu dan pasangan kamu hanya dengan membarat $5” atau “Saya akan membuatkan video testimoni untuk bisnismu dengan background menara Pisa hanya dengan $5” dan lain sebagainya. Menarik bukan? Silakan langsung kunjungi dan temukan ide layanan apa yang bisa kamu tawarkan di situs fiverr.com!

2. Mengerjakan CPA (Cost Per Action)

Apa itu CPA? CPA adalah salah satu pekerjaan yang bisa mendatangkan penghasilan dari internet, nantinya kita mendapatkan bayaran jika kita berhasil merekomendasikan seseorang untuk melakukan sesuatu (action) sesuai dengan yang diinginkan vendor yang membayar kita. Tenaang ini bukan MLM yang pengen ngajak orang gabung jadi member mereka.

Jadi di dunia online, ada banyak keperluan yang dilakukan oleh vendor-vendor besar untuk kepentingan bisnis mereka. Keperluan ini macam-macam, beberapa yang bisa saya list adalah:

  • mencoba software secara gratis supaya dapat saran dan kritik,
  • mencoba suatu layanan online secara gratis,
  • membaca ebook secara gratis,
  • Mengisi kuisioner
  • Mendaftarkan identitas diri untuk mendapatkan tutorial gratis
  • Menonton video/film mereka
  • Dan lain-lain

Nah posisi kita sebagai seseorang yang menjalankan CPA adalah membantu vendor untuk mengarahkan orang-orang di internet melakukan sesuatu seperti hal-hal di atas. Jika berhasil, kita akan mendapatkan komisi atas usaha kita.

Berikut ini saya berikan top 5 penyedia layanan CPA yang bisa kita manfaatkan menurut mthink.com:

ss-cpa-pinterim
Top 5 dunia penyedia layanan CPA. Sumber: MrThink.com

3. Mengerjakan PPC

PPC adalah salah satu primadona dalam hal Making Money Online (MMO). Banyak cerita sukses orang Indonesia yang sukses mengerjakan PPC, sebut saja dua nama besar yang sudah menghasilkan pendapatan luar biasa besar dari PPC, yakni: Sang Legendaris dan termasuk pionir di Indonesia Anne Ahira dan satu lagi adalah Adryan Fitra.

Dua nama besar ini sudah terkenal di kalangan internet marketer sebagai salah satu suhu dalam hal meraup penghasilan melalui jalur PPC.

Secara singkat PPC adalah kependekan dari Pay Per Click. Cara kerjanya adalah kita mendaftar terlebih dahulu ke agen penyedia layanan PPC dan memasang link iklan tersebut di website atau blog kita. Setiap pengunjung yang datang ke blog kita dan mengklik iklan tersebut maka kita sebagai pemilik website/blog akan mendapatkan komisi.

Cara kerja yang lebih sederhana daripada CPA di atas karena pengunjung cukup melakukan klik, berbeda dengan CPA yang menuntut pengunjung melakukan aksi tertentu. Karena lebih sederhana maka komisi PPC lebih kecil daripada CPA, biasanya setara 0 – 2.000 rupiah saja. Tergantung keyword dan populernya iklan yang terpasang di website/blog kita.

Menjalankan PPC memang dituntut untuk mendatangkan pengunjung sebanyak-banyaknya ke website/blog yang kita kelola karena faktor kali sangat berperan jika ingin mendapatkan penghasilan yang besar.

Bahkan menurut cerita yang pernah saya dengar, dua master PPC yang saya sebutkan di atas memiliki ribuan website/blog yang mereka kelola untuk menghasilkan pendapatan paling tidak 16juta perhari! Bayangkan, perhari! Warbaysak!

Jika Anda berminat mencoba membuat blog untuk didaftarkan PPC, silakan Anda bisa mengikuti panduan membuat blog berpenghasilan jutaan rupiah.

4. Affiliate Marketing

Secara sederhana, menjalankan affiliate marketing berarti kita mendapatkan penghasilan saat ada penjualan berdasarkan rekomendasi kita. Untuk mengenali bahwa pembeli tersebut datang dari arahan kita adalah adanya link khusus yang dapat kita sebarkan saat berpromosi.

Siapapun yang mengklik link tersebut dan melakukan pembelian, maka secara otomatis sistem akan mencatat adanya penjualan dari kita dan mendapatkan komisi sesuai dengan perjanjian.

Bagi pemula, saya sudah membuat artikel khusus yang bisa Anda ikuti jika ingin menjadi affiliate marketing: rumus paten affiliate marketing.

5. Menjadi Pengajar Online

Jika Anda punya keahlian tertentu yang layak untuk diajarkan pada orang lain, Anda dapat membuat sebuah tutorial/kursus berbentuk video/panduan dan menjualnya di marketplace pendidikan online seperti Arkademi (indonesia) atau udemy (internasional-menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar).

Dengan memanfaatkan layanan ini, Anda dapat memulai sekarang juga tanpa perlu modal apapun. Tinggal daftar dan submit pelajaran yang ingin Anda jual.

Biasanya penyedia layanan ini akan mengutip biaya 10 – 15% setiap ada murid yang bergabung di kelas kita.

Lumayan, sekali bikin, kelas dapat dibuka selamanya dan menerima murid sebanyak-banyaknya!

6. Membuat Produk Sendiri

Saya yakin sudah orang-orang sekarang memiliki sebuah laptop/PC untuk digunakan sehari-hari namun kurang menyadari bahwa ‘mesin canggih’ ini dapat berfungsi sebagai mesin produksi kita.

Kita bisa mulai membuat panduan/tutorial sesuai dengan keahlian yang kita miliki. Akan selalu ada orang-orang di luaran sana menyiapkan anggaran untuk belajar hal-hal yang spesifik dan komplit daripada hanya berburu informasi mentah yang tersebar di Internet.

Produk Anda ini dapat berwujud benda, ebook, CD, buku, atau sejenisnya yang bisa Anda jual. Untuk pemula, saran saya bikin produk digital karena dapat dikerjakan tanpa tambahan biaya lagi selain listrik dan koneksi internet.

Anda dapat mulai mempromosikan menggunakan social media yang Anda miliki atau memasangnya di marketplace seperti tokopedia/bukalapak untuk produk fisik dan ratakan atau idaff untuk produk digital.

7. Menjadi Konsultan

Jika Anda sudah bertahun-tahun menggeluti suatu bidang pekerjaan tertentu, artinya Anda sudah memiliki pengalaman yang tidak dimiliki orang lain. Jangan ragu untuk mulai membuat paket konsultasi tertentu dan mengkomunikasikannya kepada kolega melalui media online.

Akan lebih baik jika Anda memiliki website/blog sendiri karena Anda bisa membangun kredibilitas dari sana sebelum orang percaya akan keahlian Anda.

Anda dapat menampilkan Curriculum Vitae Anda, menampilkan portofolio, serta menampilkan testimoni beserta layanan apa saja yang Anda terima.

Anda bisa gunakan panduan ini untuk membangun website pertama Anda jika Anda masih kesulitan: cara membuat website/blog.

Bagaimana? Peluang mana yang akan Anda ambil? Mengapa tidak mulai dari sekarang?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Ebook

Resep Ampuh Main Admob Hasilkan Ratusan Dolar per Bulan

Kemana Saya kirimkan Ebooknya?

STAY CONNECTED

ABOUT

PinterIM.com adalah blog yang membahas bagaimana menciptakan bisnis online yang paling sesuai dengan Anda dan paling nyaman dikerjakan.

Copyright 2018 @ PinterIM