5 Masalah yang Dihadapi Blogger Pemula dan Solusinya

Saya sejak dulu merasakan manfaat ngeblog, baik untuk peningkatan kualitas diri kita maupun penginkatan (uhuk) pendapatan kita. Dari sisi upgradeing diri, kebiasaan kita ngeblog tentu menambah kemampuan kita menulis, menyampaikan gagasan, dan meningkatkan kemampuan kita ‘berburu dan meramu’ limpahan informasi di sekitar kita untuk kita sajikan secara kepada pembaca. Jika hal ini dilakukan secara konsisten, maka tinggal tunggu waktu saja blog Anda akan mulai menghasilkan tambahan penghasilan dengan berbagai alternative cara.

Blogger dapat menjadi penulis hebat hanya dari kebiasaan menulis diblog. Banyak jutawan internet lahir dari awalnya seorang blogger. Anda tentunya tidak ingin tertinggal memanfaatkan momentum ini. Apalagi hal yang didambakan seorang profesional seperti kita selain: upgrading diri terus menerus dan adanya tambahan penghasilan yang tidak sedikit jumlahnya. Sayangnya bagi anda yang pemula seringkali menemukan hambatan dalam membuat postingan. Berikut masalah yang sering dihadapi blogger pemula :

  1. Sulit menemukan ide tulisan secara konsisten

Tentu saja bukan sesuatu yang mudah bagi blogger pemula untuk menemukan sebuah inspirasi dalam menulis. Bagaimana tidak, menulis bukanlah pekerjaan mudah untuk pengetahuan dunia kepenulisan yang sedikit. Ditambah lagi dengan tidak adanya sumber belajar yang kuat untuk dijadikan sebagai referensi menulis. Mereka seringkali kesulitan dengan apa yang hendak ditulis untuk mengisi blog. Maka cara mengatasi hal ini antara lain melakukan browsing ke video-video tranding di youtube yang berkaitan dengan minat dan tema blog yang sedang kita bangun. Cari saja 3 video berbeda yang ramai dilihat orang, buat ringkasan menjadi 1 artikel dengan Bahasa Anda sendiri, maka BOOM, Anda sudah memiliki artikel sendiri yang isinya terbukti banyak diminati orang.

  1. Kesulitan menulis artikel dari mana

Mungkin anda juga pernah mengalami hal tersebut di mana tidak tahu harus menulis dari mana, seperti apa atau bagaimana bentuknya. Inilah masalah yang sering dialami blogger pemula untuk menulis postingan. Alhasil tulisan tidak selesai-selesai juga. Jika mengalami hal ini, teruslah menulis apapun yang terlintas dalam benak anda, nanti anda akan menemukan sendiri pola tulisan anda. Selanjutnya anda membaca ulang tulisan anda dan mengeditnya. Seiring waktu tanpa anda sadari, anda perlahan akan menjadi penulis yang lebih baik. Sebagaimana saran penulis besar saat ditanya apa tips sederhana untuk menjadi penulis handal? Mereka pasti akan menjawab: menulis, menulis, dan teruslah menulis.

  1. Sering disibukkan dengan kualitas artikel

Kualitas artikel selanjutnya menjadi masalah baru. Postingan haruslah berkualitas, unik dan menarik. Hal ini tentu saja tidaklah mudah bagi pemula bahkan kadang-kadang menyulitkan yang sudah mahir sekalipun. Yang paling penting buatlah artikel yang dibutuhkan dan bermanfaat bagi pembaca blog anda. Semakin sering Anda menulis, kualitan tulisan Anda akan semakin meningkat dan enak dibaca.

  1. Kesulitan menulis artikel panjang

Mungkin untuk sebagian orang menulis artikel 400-500 kata adalah hal yang biasa, tapi untuk menuliskan ribuan kata adalah hal yang hanya sebagian kecil orang bisa melakukannya. Sebagai gambaran artikel yang menempati urutan teratas di search engine adalah artikel yang lebih dari 1000 kata. Nah, pusing nih mikirin artikel-artikel panjang kalau nggak jago nulis. Maka obatnya adalah terus menulis dan mengasah jam terbang kita dalam hal menulis.

  1. Kesulitan mendapatkan pengunjung

Untuk menjadi blogger yang dikenal banyak orang salah satu syaratnya adalah kunjungan yang tinggi (traffic) ke blog kita. Melalui jumlah pengunjung yang ramai itulah sebuah blog bisa dinilai berkualitas dan pantas untuk dijadikan rujukan (blog otoritas). Meskipun begitu seiring berjalannya waktu dan bertambahnya jumlah artikel serta proses mencari backlink yang tepat akan menjadi solusi untuk mendapatkan pengunjung.

Apalagi saat ini sudah era sosial media, pasang fitur share socmed di setiap artikel Anda untuk memudahkan pembaca membagikan melalui akun social media mereka jika merasa tulisan kita menarik.

Dan jangan lupa juga, setiap kita selesai menulis, kita sendiri jangan lupa untuk membagikan tulisan terbaru kita di semua social media yang kita miliki.

 

Itulah beberapa hambatan yang dihadapi blogger pemula yang mengidamkan penghasilan dari blog-nya beserta beberapa solusi yang bisa diterapkan. Tentu ada banyak masalah dan solusi yang bisa ditawarkan selain hal yang sudah saya tulis di atas. Anda ada masukan atau sedang menghadapi masalah juga? Silakan bisa dibagikan di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Ebook

Resep Ampuh Main Admob Hasilkan Ratusan Dolar per Bulan

Kemana Saya kirimkan Ebooknya?

STAY CONNECTED

ABOUT

PinterIM.com adalah blog yang membahas bagaimana menciptakan bisnis online yang paling sesuai dengan Anda dan paling nyaman dikerjakan.

Copyright 2018 @ PinterIM