3 Step Menemukan Niche Blog yang Minim Pesaing dan Besar Peminat

Jika Anda masih kesulitan menentukan ceruk/niche blog yang akan Anda bangun sekaligus menemukan audience yang tepat yang siap membeli keahlian Anda, panduan sederhana ini akan memudahkan Anda untuk segera memutuskan “tema” apa yang paling sesuai dan siap Anda kerjakan sekarang juga.

Panduan ini saya dapatkan dari buku Expert Secrets karya Russel Brunson yang bisa Anda dapatkan gratis di sini.

Anda dapat membacanya sendiri, namun jika waktu Anda terbatas, saya akan jelaskan salah satu bagian pembahasannya di sini.

Secara umum, setidaknya ada 3 tema besar yang diminati banyak orang, termasuk Anda. Tema-tema ini menarik perhatian banyak orang, baik yang bertindak sebagai“produsen” (pihak yang menciptakan produk/jasa) maupun “konsumen” (pihak yang siap membeli produk/jasa).

Tiga tema utama ini adalah : Kekayaan, Kesehatan, dan Cinta/Relationship.

Ya, hampir semua orang di dunia ini menginginkan kondisi yang ideal dalam dirinya setidaknya satu dari tiga hal di atas, bahkan seringkali menginginkan ketiga-tiganya!

Jadi saat Anda memutuskan ingin ‘mengerjakan’ suatu niche/tema tertentu dan berharap Anda orang yang siap ‘membeli’ keahlian Anda, pastikan ada hubungannya dengan salah satu dari tiga tema besar di atas.

Jikapun sulit untuk menghubungkan, gali lagi lebih dalam untuk mencari sudut pandang lain (angle) agar dapat diasosiasikan dengan salah satu tema di atas.

Sebagai contoh, suplemen penurun berat badan, adalah turunan dari tema kesehatan. Bahkan bisa dikombinasi dengan Cinta/Relationship karena konsumen penurun berat badan seringkali termotivasi mendapatkan berat badan ideal agar lebih dicintai oleh pasangannya.

Sebut contoh lagi: Trik mendapatkan property tanpa uang, adalah turunan dari tema kekayaan yang ingin menjelaskan bagaimana kita bisa kaya melalui jalur property tanpa kita perlu memiliki uang banyak terlebih dahulu.

Jika Anda sudah paham, maka sekarang identifikasi minat/keahlian/bisnis Anda dan coba masukkan ke dalam salah satu tema utama tadi.

Kemudian, agar Anda tidak berdarah-darah berperang dengan pemain besar yang sudah ada sebelumnya, breakdown sekali lagi turunan dari tema Anda yang lebih spesifik.

Maka kira-kira akan seperti ini:

Sumber: Expert Secrets – Russel Brunson dengan beberapa penyesuaian

Di sanalah (balon merah) niche Anda harusnya berada. Bukan di niche utama karena itu akan terlalu umum dan membiaskan calon audience Anda, bukan di subniche karena pasti sudah ada pemain besar yang menguasai niche tersebut (kecuali Anda siap berdarah-darah melawan para raksasa ini), namun di micro niche yang variasi kemungkinannya sangat banyak dan tidak terbatas.

Posisikan tema yang akan Anda garap pada posisi micro-niche ini!

Keuntungannya, pemain di microniche ini seringkali tidak akan banyak, bahkan Anda dapat menjadi pelopor di niche yang baru ini dan menjadi ‘penguasa’ di sana.

Kedua, semua pemain besar yang ada di Niche utama dan subniche tidak perlu Anda jadikan kompetitor dan berperang dengan mereka secara langsung, melainkan jadikan niche Anda menjadi supporting mereka semua. Jadi para audience mereka akan juga menjadi audience Anda tanpa perlu saling mengkanibal.

Misal dalam tema utama kesehatan, dan sub tema makanan sehat, daripada Anda bertarung dengan pemain lama yang sudah memiliki nama besar di bidang tersebut, Anda liebih baik memilik tema (micro niche) “menu makanan sehat yang siap dihidangkan selama 30 menit”. Maka tiba-tiba semua audience kesehatan makanan sehat akan juga berpeluang menjadi audience tema pilihan Anda.

Jadi 3 langkah sederhana itu adalah:

  1. Masukkan minat Anda dalam 3 rumpun tema besar: Kesehatan, Kekayaan, Cinta/Relationship.
  2. Turunkan ke bagian subniche yang beririsan dengan tema yang akan Anda pilih
  3. Tentukan microniche yang sangat spesifik sehingga persaingan relative ringan dan siap Anda tawari value-value dari bisnis/konten blog Anda.

Jika sudah, jangan lupa untuk memvalidasinya dengan panduan yang sudah saya berikan sebelumnya di sini: memvalidasi niche.

Catatan:

Niche: adalah tema tertentu yang akan menjadi bahasan utama bisnis/layanan Anda. Bisa juga menjadi tema utama blog yang akan Anda bangun. Selengkapnya untuk panduan membuat blog bisa dilihat di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Ebook

Resep Ampuh Main Admob Hasilkan Rarusan Dolar per Bulan

Title on your opt-in popup

CUSTOMER SERVICE

  • Search
  • Terms
  • Advanced
  • Search
  • Order and Returns
  • Contact Us
  • RSS
  • Help & FAQs
  • Consultant

STAY CONNECTED

ABOUT

PinterIM.com adalah blog yang membahas bagaimana menciptakan bisnis online yang paling sesuai dengan Anda dan paling nyaman dikerjakan.

Copyright 2018 @ PinterIM