Tutorial Paling Mudah dan Update: Cara Menginstall WordPress

Setidaknya WordPress adalah Content Managemen System (CMS) yang paling populer saat ini untuk pembuatan sebuah website. Hampir 24% website di dunia menggunakan wordpress sebagai buildernya.

Didukung komunitas yang besar dan aktif, wordpress berkembang menjadi suatu CMS yang paling cepat menyesuaikan dengan kebutuhan pasar.

WordPress juga dapat digunakan oleh siapapun, baik pemula sampai dengan developer advance.

Mengapa banyak orang memilih wordpress, setidaknya ada beberapa alasan utama:

  1. Gratis (tentunya setelah memiliki domain dan hosting sendiri)
  2. Mudah dalam melakukan instalasi
  3. Didukung komunitas yang siap saling membantu dan mendevelope sesuai dengan perkembangan
  4. Diduking dengan beragam plugin (istilah untuk tolls tambahan wordpress agar memiliki website yang kita bangun fitur tertentu)
  5. Mudah digunakan, baik oleh pemula maupun geek.

Meski demikian, masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara menginstall WordPress untuk pertama kali agar menjadi website yang siap pakai.

Berikut ini akan saya tunjukkan step by step menginstall wordpress yang paling mudah dan paling update.

  1. Masuk ke cpanel hosting Anda. Biasanya beralamat URL: domainanda.com/cpanel (domainanda.com silakan diganti dengan domain yang ingin Anda install WordPress)
    Kemudian isi username dan password yang Anda dapatkan saat membeli hosting. Jika sudah klik Log In.

    Gambar 1. Tampilan Login Cpanel
  2. Pilih software pembantu bernama Softaculous. Mayoritas provider hosting pasti menyediakan fitur ini di dalam sistem cpanel mereka. Scroll ke bawah untuk menemukannya, biasanya software pembantu ini ada di bagian paling bawah. Setelah ketemu selanjutnya klik WordPress.

    Gambar 2. Tampilan Softtaculous App Installer
  3. Klik Install Now seperti dalam gambar. Kemudian Anda akan diarahkan pada suatu form isian yang harus Anda lengkapi.
    Gambar 3. Install WordPress

     

  4. Nah di bagian ini yang perlu Anda perhatikan betul. Seringkali pemula mendapatkan banyak kesalahan di bagian ini sehingga website wordpress mereka tidak terinstall sesuai dengan harapan. Silakan isi setiap form sesuai dengan petunjuk yang saya sertakan (lihat gambar)
    Gambar 4a. Isi Form Instalasi

    Keterangan:
    Choose Protocol
    Akan ada 4 pilihan yakni http:// atau https:// atau http://www. atau https://www.
    Saran saya silakan pilih http:// tanpa www atau yang https:// tanpa www
    https:// hanya akan tersedia jika hosting yang Anda beli menyertakan sertifikat SSL silakan dicoba, jika tidak bisa digunakan maka hosting anda belum support SSL.

    Untuk lebih mudahnya silakan pilih saja http://

    Choose Domain
    Pilih domain yang akan digunakan untuk menginstall wordpress Anda.

    In Directory
    Pastikan Anda mengosongi bagian ini atau hapus saja direktori default yang disertakan (wp). Kebanyakan pemula lupa menghapus text di sini sehingga menyebabkan website mereka tidak bisa di akses di domainanda.com melainkan di domainanda.com/wp. Itulah pengaruh Anda harus menghapus dan tidak.

    Site Name
    Ini yang akan menjadi judul utama website Anda. Silakan isi sesuai kebutuhan dan selera. Anda bisa mengubahnya nanti jika berubah pikiran. Tidak perlu khawatir.

    Site Description
    Silakan isi penjelasan/diskripsi website Anda. Semakin menggambarkan penjelasan website Anda akan semakin baik di mata mesin pencarian Google. Anda bisa mengubahnya nanti jika berubah pikiran. Tidak perlu khawatir.

    Enable Multisite
    Ini termasuk level advance, Anda akan mengerti sendiri jika Anda sudah mahir menggunakan WordPress. Untuk sementara ini biarkan jangan dicentang.

    Gambar 4b. Isian Form Instalasi

    Keterangan
    Admin username dan Admin password
    Isi dengan username dan password yang akan dijadikan untuk login ke dashboard wordpress admin nantinya. Bebas saja yang penting diingat-ingat.

    Admin email
    Isi dengan email utama admin. Ini diperlukan jika Anda lupa password dan digunakan untuk mengirimkan konfirmasi pemberitahuan jika ada notifikasi.

    Isian lainnya sesuaikan dengan gambar 4b.

  5. Isi email instalation detail dengan alamat email sesuai email admin di atas, kemudian Klik Install dan tunggu beberapa saat. Pastikan koneksi internet Anda dalam keadaan baik dan cepat.


Voila.. website wordpress pertama Anda sudah jadi dan siap digunakan.

Pemberitahuan bahwa instalasi wordpress berhasil

Dilakan klik Administrative URL untuk langsung mengakses bagian dashboard website Anda.

Untuk melakukan login kembali, cukup masuk ke alamat URL: domainanda.com/wp-admin dan masukkan id dan password yang telah Anda isi sebagaimana pada poin 4 di atas.

*UPDATE
Untuk mempermudah Anda mengikuti tutorial ini, Saya sudah menyedian versi videonya. Silakan Anda bisa tonton dan simak dengan seksama.

Selamat menggunakan website Anda untuk kesuksesan bisnis online Anda. Semoga tutorial ini membantu.

Silakan kirim pertanyaan di kolom komentar jika ada yang kurang jelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Ebook

25 Jurus Paten Main Instagram!

Terapkan langkah-langkah praktis ini untuk memaksimalkan Instagram Marketingmu. Terdiri dari 25 Langkah Paten yang dilakukan Brand-Brand besar untuk mengibarkan promosi mereka di Instagram. jangan sampai Kompetitormu melakukan, kamunya malah bengong!

Podcast

Video

Manifesto

PinterIM.com adalah blog yang menyajikan informasi, tips dan trik menjadi SOLOPRENEUR!

Temukan Potensi dan Minatmu, saya bantu menunjukkan jalan bagaimana Anda bisa mendapatkan kebebasan sekaligus menyebarkan nilai positif dari aktifitas Anda!

Mau dapat Income? Apalagi yang tidak akan Anda dapatkan jika Anda sudah bahagia dan aktif menyebarkan nilai positif? Income akan mengikuti sendiri.

TERMS OF USE

PRIVACY POLICY