Mengapa Keahlian Menjual Sangat Penting untuk Anda Kuasai, Apapun Posisi Anda Saat ini!

Profesi sebagai penjual adalah salah satu profesi tertua di dunia. Sejak adanya kehidupan bersosial, manusia tidak akan terlepas dari kepentingan untuk tukar menukar barang dalam hal ini adalah berjualan. Jika dulu berjualan dilakukan dengan sistem barter dan hanya untuk keperluan kebutuhan sehari-hari saja, kini aktivitas menjual sudah lebih kompleks dan tidak hanya berkaitan dengan kebutuhan saja melainkan juga tentang keinginan, gaya hidup, dan pengakuan diri. Oleh karena itu profesi penjual dituntut untuk memiliki skill lebih daripada hanya sekedar menawarkan produk yang mereka miliki.

Apapun posisi Anda saat ini, baik sebagai karyawan, pebisnis, maupun mahasiswa, kemampuan menjual akan sangat Anda perlukan untuk menopang karier Anda. Kesadaran akan pentingnya keahlian menjual, cepat atau lambat akan dirasakan pentingnya oleh setiap profesi. Terlebih jika Anda seorang karyawan/mahasiswa yang sedang mempersiapkan bisnis, atau yang sudah menjalankan bisnis namun merasa masih bisa meningkatkan angka penjualan.

Saya teringat petuah salah satu guru saya, Tung Desem Waringin, saat saya menghadiri seminar Financial Revolution yang diadakan oleh beliau. Doktrin pertama yang harus dibenahi di mindset kita saat ingin merubah kondisi financial menjadi lebih baik adalah pemahaman kita tentang menjual atau sales. Beliau mengatakan saking pentingnya aktivitas berjualan, dunia ini bisa saja tiba-tiba terjadi chaos jika seluruh manusia di dunia ini bersepakat satu hari saja berhenti untuk berjualan. Jadi tidak ada lagi aktivitas bisnis, pasar, bursa, dan apapun yang didalamnya ada aktivitas perdagangan.

Sulit dibayangkan kekacauan apa yang akan terjadi: nilai kurs berubah drastis, pasokan produk yang sudah diproduksi pabrik-pabrik besar macet dipasarkan, buruh yang tidak memiliki pekerjaan akibar pabrik berhenti berproduksi, hingga efek panjangnya terjadi kriminalitas karena kebutuhan tidak bisa dipenuhi dengan perdanganan.

Maka doktrin pertama yang diajarkan oleh guru saya Tung Desem Waringin adalah:

Orang kaya itu suka berjualan, bisa berjualan, ahli berjualan, dan senang berjualan. Sedangkan orang miskin itu tidak bisa menjual, benci penjual, tidak bisa berjualan, dan menghindari penjual.

Itulah mantra yang beliau minta untuk diulangi berkali-kali agar mindset kita berubah tentang penjualan. Karena pentingnya mantra tersebut, beliau sampai mengulanginya lagi pada seminar beliau yang legendaris, Marketing Revolution.

Setelah pikiran bawah sadar kita sudah berdamai dengan aktivitas menjual dan sudah tidak benci lagi dengan orang yang berjualan, maka diri kita semakin mudah untuk mulai belajar apa dan bagaimana cara menjual yang baik.

Jika Anda ahli dalam menjual, dalam kegiatan perekonomian ini posisi Anda sudah naik menjadi tidak hanya orang yang mengeluarkan uang (pembeli), namun berubah menjadi orang yang menerima uang (penjual). Kita semua tentu ingin berada dalam posisi penerima uang atau profit, yang konsekuensinya adalah menjadi penjual.

Jika posisi Anda saat ini sebagai karyawan, dengan keahlian menjual yang baik, Anda bisa menawarkan keahlian yang Anda miliki kepada bos Anda agar anda mendapatkan kepercayaan lebih yang diamanahkan kepada Anda dan yang berujung pada naiknya pendapatan Anda.

Jika posisi Anda sebagai pebisnis, keahlian anda dalam menjual tentu akan menaikkan omzet yang Anda miliki dan tentunya menaikkan pula profit yang masuk ke rekening Anda.

Jika posisi Anda sebagai mahasiswa, sekarang sudah jamannya jadi mahasiswa yang kaya dan bisa hidup sendiri tanpa bantuan dari orang tua lagi. Itu baru mahasiwa keren karena mereka tidak hanya bisa menuntut perbaikan nasib tapi dengan tangannya sendiri mereka mampu memperbaiki nasib mereka sendiri.

Bayangkan jika keahlian berjualan ini sudah Anda latih sejak sekarang, kedepannya, profesi apapun yang akan Anda tekuni pasti akan berguna untuk akselerasi karier Anda. Dan jika tiba-tiba Anda memerlukan penghasilan tambahan, Anda tinggal memanfaatkan keahlian ini untuk menjual barang/jasa orang lain dan profit akan datang menghampiri Anda.

Kabar baiknya saya baru saja dijodohkan dengan sebuah buku tentang penjualan yang ditulis oleh salah satu begawan penjualan dunia yaitu Zig Ziglar. Buku tersebut berjudul “Ziglar On Selling – Pedoman Lengkap Bagi Profesional Penjualan”. Buku ini berisi pengalaman Zig Ziglar dalam dunia penjualan selama puluhan tahun yang akhirnya melambungkan namanya sebagai pakar penjualan. Dalam buku ini berisi panduan, strategi, dan dasar-dasar penjualan tingkat dunia.

Beda buku ini dengan buku penjualan lainnya adalah buku ini juga membahas tentang strategi dan kiat-kiat bagi seorang penjual profesional agar kehidupannya seimbang, seperti kesehatan yang tidak terabaikan, keluarga tetap terurus dengan baik, dan bagaimana memiliki waktu yang berkualitas untuk orang-orang terdekat.

Jadi tidak melulu membahas tentang penjualan tapi juga membahas hal-hal lain yang harus dimiliki seorang penjual profesional agar kariernya terus meningkat dan kehidupannya tetap berkualitas.

Saya akan memberikan buku ini secara gratis untuk Anda! Jika Anda berminat silakan masukkan nama dan email Anda pada form di bawah ini. Saya akan memilih orang yang beruntung untuk mendapatkan buku bagus ini. Kesempatan untuk mendapatkan buku gratis edisi kali ini hanya berlaku bagi yang mendaftarkan nama dan emailnya mulai tanggal tulisan ini di posting hingga 30 Januari 2016. Jadi jangan sampai dilewatkan!

((( Maaf pendaftaran buku gratis sudah di tutup)))

Semoga dengan belajar dari buku ini, keahlian menjual Anda semakin meningkat dan kondisi financial Anda juga semakin baik.

Anda punya pandangan lain? Silakan sampaikan pada kolom komentari di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Ebook

25 Jurus Paten Main Instagram!

Terapkan langkah-langkah praktis ini untuk memaksimalkan Instagram Marketingmu. Terdiri dari 25 Langkah Paten yang dilakukan Brand-Brand besar untuk mengibarkan promosi mereka di Instagram. jangan sampai Kompetitormu melakukan, kamunya malah bengong!

Podcast

Video

Manifesto

PinterIM.com adalah blog yang menyajikan informasi, tips dan trik menjadi SOLOPRENEUR!

Temukan Potensi dan Minatmu, saya bantu menunjukkan jalan bagaimana Anda bisa mendapatkan kebebasan sekaligus menyebarkan nilai positif dari aktifitas Anda!

Mau dapat Income? Apalagi yang tidak akan Anda dapatkan jika Anda sudah bahagia dan aktif menyebarkan nilai positif? Income akan mengikuti sendiri.

TERMS OF USE

PRIVACY POLICY