Empat Kegelisahan Pekerja Kantoran dan Cara Mengatasinya dengan Hanya Bermodal Internet

Sebagai karyawan, apa sih keinginan terbesar kita? Saya coba buat daftar hal terpenting menurut pengalaman dan hasil mendengarkan rekan-rekan kerja saya. Dan mari saya tunjukkan bahwa semua sudah terpenuhi oleh internet.

1.    Mengupgrade kapasitas diri

Apapun bidang pekerjaan yang kita tekuni, apakah itu berkaitan dengan keuangan/akuntansi, teknik, farmasi/kedokteran, koki, pertanian, pendidikan, perkebunan, marketing, dan lain-lain, semua bahan untuk menjadikanmu lebih berkualitas secara skill ada di internet. Saya sebutkan salah satu saja website rujukan yang berisi materi-materi super keren yang bisa kita manfaatkan.
o    TED.com : website ini berisi kumpulan konferensi (baca: semacam seminar) TED dari berbagai dunia. Awalnya mengkhususkan diri pada permasalahan Technology, Economic, and Design (makanya disingkat TED), namun pada perkembangannya kemudian berkembang membicarakan hampir semua tema-tema yang berhubungan dengan profesi utama yang digeluti oleh umat manusia saat ini. Tidak perlu berpanjang lebar, langsung saja menuju ke TKP dan jelajahi sesuai dengan bidang pekerjaanmu untuk menemukan insigt-insigt baru yang menunjang kariermu!

o    udemy.com : Website ini merupakan salah satu rujukan tempat belajar online para warga internet seluruh dunia. Berbagai macam kursus online disediakan oleh web ini untuk para pekerja profesional, mulai dari marketing, design, pembuatan website, matematika, kesehatan, hingga bagaimana cara merawat hewat peliharaan dengan baik. Karena sifat kursus di udemy diseleksi dan dipilih hanya yang berkualitas dan terstruktrur, maka untuk menikmati kursus online ini diharuskan membayar sesuai dengan biaya yang tercantum di masing-masing kursus.  Silakan kunjungi dan daftarkan diri Anda untuk menjadi bagian pelanggan newsletternya! Ssst… biasanya ada saja kupon free course bagi member yang mendaftar. Tidak ada salahnya kan?

2.    Bekerja Sesantai Mungkin

Sebentar, saya harus memberikan desclaimer terlebih dahulu bahwa santai itu beda dengan bermalas-malasan. Kalau kamu tidak mencitai dan tidak bisa mencoba mencintai pekerjaamu, nganggur-pun di kantor bisa saja sangat menyiksamu. Maka dari itu santai di sini adalah kita merasa enjoy untuk melakukan tugas-tugas kita di kantor. Jika itu yang ingin kita lakukan, maka panduan-panduan itu bisa kamu temukan di internet dengan mengunjungi situs ini: LifeHack.org.

LifeHacks menyediakan berbagai macam tips dan trik untuk mempermudah dan mengefisienkan waktu dan sumber dayamu yang terbatas sebagai karyawan dengan berbagai kesibukan, dan dengan segala aktivitas lain di luar pekerjaan. Tips dan trik yang disajikan banyak sekali yang bersifat sederhana dan bisa langung kita praktikkan.

3.    Mendapatkan Gaji yang Besar

Sudah, tidak perlu membohongi diri, ini adalah impian hampir semua karyawan di muka bumi. Meski ngimpinya bisa sampai ngiler-ngiler atau cukup sambil lalu karena bukan itu tujuan utama dia bekerja.

Nilai ‘gaji yang besar’ bisa relatif makna dan jumlahnya. Pasti sudah sering mendengar quote legendaris nan eksotis ini “Bukan perkara seberapa besar penghasilanmu, tapi seberapa besar rasa syukurmu atas apa yang sudah menjadi hakmu.” Quote ini memang menyejukkan dan memang benar adanya. Saya sepenuhnya setuju dengan quote tersebut. Tapi namanya manusia ya kalau bisa ditambah lagi kenapa tidak? Ya kan? Itu bukan berarti tidak bersyukur lho..

Nah di internet kamu bisa mendapatkan berbagai macam cara (pilih yang halal ya..) agar bosmu memang harus menaikkan gajimu. Ini bisa dicapai dengan memenuhi target yang ditentukan jika kamu berkerja di bidang marketing. Atau mengeksekusi suatu ide yang membawa kebaikan bagi perusahaan/kantormu. Atau kamu menjadi satu-satunya yang mampu mengerjakan suatu pekerjaan dimana disana terdapat bonus besar. Tentang apapun yang kamu butuhkan berkaitan dengan hal ini bisa kamu dapatkan di internet. Masih bingung dimana? Ublek-ublek aja lagi dua website di atas!

4.    Mempunyai Bisnis/Sampingan dengan Pendapatan yang Sama Besarnya dengan Pekerjaan Utama atau Bahkan Lebih Besar

Tidak dapat dipungkiri, masalah ini juga sering membayang di angan-angan hampir semua pekerja kantoran. Bahkan ada yang sampai menuliskannya di buku “Dream List” masing-masing. Dan makin menggebu-gebu keinginannya jika memang pada dasarnya jiwanya adalah ingin menjadi pebisnis/entrepreneur. Ini banyak kok.

Tapi semua angan-angan itu semua seringkali terbentur dengan segala keterbatasan yang khas dimiliki oleh orang kantoran (apalagi yang posisinya masih di bawah). Beberapa masalah itu antara lain:

  • Keterbatasan cash in hand di tangan, buat hidup sehari-hari aja sudah mepet apalagi untuk modal berbisnis, jauh panggang dari api.
  • Sudah kepikiran ide bisnis tapi tidak ada waktu untuk mengeksekusi dan merawatnya. Amanah harus standby di kantor mulai jam 8 sampai jam 5 sore rasanya sudah cukup menguras energi setelah pulang ke rumah. Boro-boro mau pergi ke pasar (buat kulakan barang dagangan untuk dijual lagi) atau bisnis lain yang menguras waktu dan energi . Mendingan tidur-tiduran dan duduk-duduk santai beristirahat setelah seharian di kantor.

Namun dengan adanya internet, kamu bisa mencari tau bahwa di era sekarang ini masih banyak sekali sumber-sumber penghasilan yang tidak kita bayangkan sebelumnya. Hanya dengan duduk di depan laptop dengan terhubung dengan internet, kamu sudah bisa merencanakan, mengeksekusi, dan memaintenance bisnis kamu yang berpotensi mendatangkan penghasilan yang tidak sedikit.

Kamu bisa coba baca artikel ini tentang beberapa perkerjaan yang dapat dikerjakan di sisa waktu kita, atau coba saja googling “Making Money Online” atau “Cara Menghasilkan Uang dari Internet”, niscaya akan banyak sekali informasi-informasi yang jika kamu teliti satu persatu dan eksekusi akan bisa menjadi lahan bisnis sampingan kita yang menyenangkan.

Nah untuk alasan yang terakhir inilah PinterIm.com mencoba sharing bagaimana menjadi karyawan yang baik sekaligus memiliki penghasilan besar dari internet. Saya juga masih belajar, dan mari belajar bersama.

NB: Punya pendapat lain tentang hal di atas? Mari kita diskusikan di kolom kometar di bawah.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Ebook

25 Jurus Paten Main Instagram!

Terapkan langkah-langkah praktis ini untuk memaksimalkan Instagram Marketingmu. Terdiri dari 25 Langkah Paten yang dilakukan Brand-Brand besar untuk mengibarkan promosi mereka di Instagram. jangan sampai Kompetitormu melakukan, kamunya malah bengong!

Podcast

Video

Manifesto

PinterIM.com adalah blog yang menyajikan informasi, tips dan trik menjadi SOLOPRENEUR!

Temukan Potensi dan Minatmu, saya bantu menunjukkan jalan bagaimana Anda bisa mendapatkan kebebasan sekaligus menyebarkan nilai positif dari aktifitas Anda!

Mau dapat Income? Apalagi yang tidak akan Anda dapatkan jika Anda sudah bahagia dan aktif menyebarkan nilai positif? Income akan mengikuti sendiri.

TERMS OF USE

PRIVACY POLICY