Cara Sederhana Menjadikanmu Ahli di Suatu Bidang dan Membuat Orang Lain Percaya Sehingga Bermanfaat untuk Karier dan Bisnismu

Di era saat ini, sangat mudah untuk menjadi pakar dalam suatu hal. Pernah melihat kan seorang pesulap tiba-tiba menjadi ahli dalam bidang diet dan ramai-ramai diikuti orang? Atau seorang artis sinetron/film tiba-tiba sering diundang berceramah agama dan ramai-ramai dipanggil ustadz/ustadzah? Tenang saya tidak sedang bersinis. Bagi saya, apapun sah selama tidak membohongi dan apa yang diungkapkan membawa manfaat bagi orang lain. Poin yang saya ingin sampaikan adalah betapa mudahnya untuk menjadi “pakar” di era informasi dan teknologi seperti sekarang.

Arus trend seperti ini jangan sampai kita lewatkan karena ketidaktahuan kita bagaimana memanfaatkan skill yang kita miliki untuk kemudian berbagi pengalaman dan ilmu dengan orang lain (seperti dua contoh di atas) dan akhirnya bermanfaat kembali untuk karier dan bisnis kita. Karena saya yakin setiap diri kita, apalagi yang sudah berpengalaman bertahun-tahun berkarier di bidang yang sama, pasti memiliki ilmu dan pengalaman yang layak dibagikan kepada orang lain. Di luaran sana ternyata masih banyak yang memerlukan ilmu-ilmu yang kita anggap sepele namun berarti buat orang lain.

Jika melihat contoh dua hal di atas, bisa saja ada dalih bahwa mereka mudah melakukan hal itu karena sebelumnya adalah public figure dan diliput oleh media. Tapi mari saya ajak agar kita melihat sisi positifnya untuk merebut peluang yang terbuka lebar dan bagaimana cara melakukannya.

Di era sekarang ini ternyata ada satu cara yang bisa kita lakukan untuk ‘menjadi pakar’ dan kemudian berbagi ilmu dan pengalaman untuk orang lain. Cara sederhana yang dapat kita lalukan adalah mulai nge-blog.

Mengutip penjelasan dari wikipedia, blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk website yang berisi tulisan-tulisan (disebut sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pembuat blog tersebut. Sedangkan arti ngeblog adalah aktivitas seorang penulis/pencipta konten untuk mengupdate isi dari blog tersebut secara terus menerus sesuai dengen tujuan yang diinginkan.

Nah saat ini ada dua penyedia layanan blog paling populer di jagat maya, yaitu Blogger/Blogspot milik Google dan satu lagi yang disediakan oleh WordPress. Panduan singkat untuk membuat blog akan coba saya tunjukkan di postingan-postingan yang akan datang. Atau jika tidak sabar silakan bisa mencari dengan menggoogling terlebih dahulu. Yang ingin saya tunjukkan dalam tulisan kali ini adalah manfaat untuk seorang pekerja kantoran yang ingin punya penghasilan lebih dengan memiliki blog:

  1. Mengikat pengetahuan dan pengalamanmu selama bekerja. Jadi bisa kita baca dan pelajari lagi jika suatu saat membutuhkan. Dengan menuliskannya, kita jadi bisa mengukur perkembangan keahlian diri kita.
  2. Membangun kredibilitas diri kita atas suatu skill pekerjaan tertentu. Jika kita sudah rutin ngeblog dan kualitas posting (tulisan) kita semakin baik, orang akan lebih percaya bahwa kita mampu melakukan suatu hal di bidang tersebut dengan baik. Dan kepercayaan ini tentu mahal harganya dan tidak bisa dibangun dengan semalam saja!
  3. Bermanfaat untuk orang lain. Apa yang lebih indah di dunia ini selain kita menciptakan manfaat untuk orang lain? Bisa jadi pengalaman yang kita anggap tidak seberapa ternyata ada orang yang sangat membutuhkan informasi tersebut. Dengan menulis blog kita berpeluang lebih besar untuk berbagi ilmu yang bermanfaat dan bisa dibaca oleh orang seluruh dunia.
  4. Sebagai portofolio pekerjaan kita. Dimana lagi orang bisa tahu catatan apa yang sudah pernah kita lakukan selain dengan menuliskannya dengan baik di blog kita. Menurut pakar social media Nukman Lutfie, nantinya perusahaan besar akan melakukan seleksi calon karyawan dengan melihat kualitas blog mereka. (Nah!)
  5. Jika kamu merasa tidak ahli dalam bidang pekerjaan kantoranmu saat ini, kamu bisa mempersiapkan bisnis sampinganmu nanti dengan mengawalinya dengan menulis blog. Dengan memiliki blog kamu bisa mulai membangun kredibilitas di bidang bisnismu sejak dini. Saya pernah mendapat cerita bahwa ada seorang karyawan di Makassar yang secara rutin menulis blog tentang hal-hal yang ingin dia kerjakan jika suatu saat harus menjalankan bisnis. Lama kelamaan dia dapat memanfaatkan blognya tersebut sebagai modal untuk mempresentasikan dirinya dalam bidang bisnis yang sering dia tulis dan kemudian memilih untuk resign dan menjalankan bisnis impiannya tersebut. Jika sudah memiliki blog, orang lain akan lebih percaya terhadap passion dan minat yang kamu miliki.
  6. Jalan pintas membangun kredibilitas tanpa menulis buku. Memang sebaiknya jika kita ingin dianggap pakar dalam bidang tertentu biasanya kita harus pernah menulis buku di bidang tersebut. Namun saya percaya tidak semua orang dengan mudah untuk bisa menulis buku dan kemudian diterbitkan. Maka jalan pintasnya adalah dengan rutin ngeblog. Siapa tahu saat tulisanmu sudah banyak, kemudian ada penerbit yang tertarik untuk menjadikannya buku? Kasus demikian sudah banyak terjadi!

Itulah manfaat dari ngeblog. Manfaat lain dan bagaimana cara menjadikan blog kita sebagai sumber penghasilan sampingan (atau bahkan sumber utama?) akan banyak dijelaskan dalam postingan-postingan berikutnya. Memang saya membuat PinterIM.com ini adalah sebagai panduan bagaimana tetap mejadi karyawan yang profesional dan handal, sambil memiliki penghasilan sampingan dari bisnis yang tidak mengganggu pekerjaannya di kantor.
Maka, segera buat blogmu dan bangun kredibilitasmu demi karier dan bisnismu!

NB: Jika ada pendapat lain atau pertanyaan seputar tulisan di atas, silakan bisa membagikannya di kolom komentar di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Ebook

25 Jurus Paten Main Instagram!

Terapkan langkah-langkah praktis ini untuk memaksimalkan Instagram Marketingmu. Terdiri dari 25 Langkah Paten yang dilakukan Brand-Brand besar untuk mengibarkan promosi mereka di Instagram. jangan sampai Kompetitormu melakukan, kamunya malah bengong!

Podcast

Video

Manifesto

PinterIM.com adalah blog yang menyajikan informasi, tips dan trik menjadi SOLOPRENEUR!

Temukan Potensi dan Minatmu, saya bantu menunjukkan jalan bagaimana Anda bisa mendapatkan kebebasan sekaligus menyebarkan nilai positif dari aktifitas Anda!

Mau dapat Income? Apalagi yang tidak akan Anda dapatkan jika Anda sudah bahagia dan aktif menyebarkan nilai positif? Income akan mengikuti sendiri.

TERMS OF USE

PRIVACY POLICY