Cara Membuat Pop-Up Opt-In Cantik Menggunakan Elementor Page Builder

Kali ini saya sudah membuat tutorial singkat tentang bagaimana cara membuat pop-up namun menggunakan bantuan elementor page builder.

Sedikit saya jelaskan apa itu pop-up dan mengapa harus pop-up.

Pop-up adalah suatu pesan atau tampilan yang tiba-tiba muncul di halaman website kita dengan suatu maksud tertentu pemilik website. Kemunculan pop-up ini bisa disetting dengan waktu atau dengan meng-klik tombol tertentu. Maksud yang ingin dituju oleh pemilik website dengan menggunakan pop-up adalah supaya mencuri perhatian visitor pada sesuatu yang ditawarkan oleh pemilik website, bisa promo diskon, voucher, suatu yang gratisan (freebies) atau hal-hal lainnya.

Saya sendiri membuktikan dan juga dibahas dalam masterplan conversion Kirim.Email oleh mas Fikry yang menyebutkan bahwa lead convertion terbaik saat ini adalah dengan menggunakan pop-up. Jika belum paham lead convertion itu apa sederhananya seperti ini: mengumpulkan data pribadi visitor untuk kemudian dibangun kedekatan dalam jangka panjang.

Contoh kasus yang saya alami, saat membuat landingpage berisi lead magnet menggunakan satu halaman khusus atau menampilkan di bagian tertentu dari halaman, sangat sedikit orang yang mau mengakses dan memasukkan alamat emailnya. Berbeda saat dengan menggunakan pop-up, dengan lead maghnet yang sama saya bisa mendapatkan puluhan email per-hari, padahal saya menggunakan lead magnet yang sama seperti yang sebelumnya sepi peminat.

Diskusi dan perdebatan akan hal ini bisa saja panjang dan sah-sah saja. Semua memiliki pengalaman dan kasus yang berbeda-beda.

Nah untuk memudahkan pembuatan pop-up yang cantik dan Indah, saya sudah membuatkan tutorial khusus untuk para pengguna Elementor.

Setidaknya dengan menggunakan teknik ini kita tidak perlu lagi berlangganan opt-in generator yang mahal-mahal untuk mendapatkan tampilan form opt-in yang cantik dan hight convertion. Cukup dengan kesaktian Elementor Page Builder kita bisa membuat apapun model opt-in tinggal drag and drop khas penggunaan Elementor.

Langsung saja berikut ini step by stepnya:

  1. Buat Layout Opt-In di My Library Elementor sesuai dengan keinginan kita. Masukkan code html autoresponder kita di layout ini dan SIMPAN.
  2. Install Plugin Pop Up Maker yang ada di sini (Silakan install dan aktifkan plugin seperti biasa)
  3. Klik Add new pop-up untuk membuat Pop-Up baru yang ingin kita tampilkan nantinya
  4. Masukkan shortcode layout themplate yang sudah kita buat pada langkah nomor 1
  5. Pilih Setting Template di bagian sidebar setting di sebelah kanan dengan memilih Lightbox
  6. Atur ukuran pop-up yang akan dimunculkan. Panel setting berada di bagian bawah.
  7. Klik Publish untuk mengaktifkan pop-up
  8. Kemudian Buat page tertentu yang berisi elemen tombol yang ingik kita jadikan sebagai trigger kemunculan pop-up yang sudah kita buat di nomor 7
  9. Klik menu advance pada elemen button dan silakan ke bagian setting CSS Classes di bagian bawah
  10. Masukkan shortcode css classes hasil dari nomor 7 di atas dan copast ke dalam form css clases.
  11. Klik SAVE dan sudah selesai pembuatan pop-up dengan menggunakan elementro page builder

Silakan diujicoba sebelum menyebarkan ke para visitor.

Jika Anda masih kesulitan, silakan tonton video di bawah ini.

Semoga bermanfaat.

NB: Video ini sebenarnya saya share terlebih dahulu di grup khusus pengguna Landingpress.
NB2: Silakan tonton langsung di sini, karena saya berencara besok-besok mau menghapus video ini dari postingan ini dan menaruhnya di tempat ‘khusus’ dan hanya diakses oleh orang-orang khusus yang memang butuh. Jadi manfaatkan 😉

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Ebook

25 Jurus Paten Main Instagram!

Terapkan langkah-langkah praktis ini untuk memaksimalkan Instagram Marketingmu. Terdiri dari 25 Langkah Paten yang dilakukan Brand-Brand besar untuk mengibarkan promosi mereka di Instagram. jangan sampai Kompetitormu melakukan, kamunya malah bengong!

Podcast

Video

Manifesto

PinterIM.com adalah blog yang menyajikan informasi, tips dan trik menjadi SOLOPRENEUR!

Temukan Potensi dan Minatmu, saya bantu menunjukkan jalan bagaimana Anda bisa mendapatkan kebebasan sekaligus menyebarkan nilai positif dari aktifitas Anda!

Mau dapat Income? Apalagi yang tidak akan Anda dapatkan jika Anda sudah bahagia dan aktif menyebarkan nilai positif? Income akan mengikuti sendiri.

TERMS OF USE

PRIVACY POLICY