Capek Melayani Chattingan Calon Buyer di Facebook? Ini Solusinya

Bukan Anda saya, saya pun merasakan bagaimana capeknya melayani calon pembeli produk kita yang chit-chat di facebook. Bahkan untuk segmen pembeli berpendidikan yang semua keterangan seringkali sudah kita tampilkan di katalok produk atau di website toko online kita. Capek melayani pertanyaan yang itu-itu saja menyebabkan seringkali penjual jadi emosi dan jika tidak terkontrol malah bikin buyer ilfeel dan batal beli di tempat kita.

Sudah capek ngelayani, batal beli lagi. Hehe…

Konon ini memang ciri khas buyer Indonesia, mereka tampak kurang puas jika langsung klik tombol BUY atau lansung chat pesan A dikirim ke alamat B misalnya. Mereka masih perlu harus tanya-tanya dulu produknya apa saja, warnanya apa saja, sedang ada promo apa nggak? Kalau sekali sih enak, tapi kalau berkali-kali kriting juga jari untuk menjawab satu per satu.

Tapi ingat, semua itu tidak boleh kita hindari dan kata Mbah Guru saya Tung Desem Waringin, semua itu adalah happy problem. Memang problem siih.. tapi sebenarnya bikin kita happy karena itu tandanya toko online kita diminati calon buyer, meski yaa.. harus sabar-sabar melayani satu per satu.

Nah kabar baiknya, Om Mark Zukerberg selaku pemilik Facebook ini tau betul karakteristik orang Indonesia (sebenarnya pasti tidak hanya meriset pasa Indonesia saja sih. Hehe) yang suka sekali chat-chat sebelum memutuskan JOIN atau BELI.

Untuk menjembatani ‘happy problem’ ini, kini fitur messenger facebook sudah dilengkapi dengan kemungkinan customize mesin penjawab yang kita susun berdasarkan habit pembeli kita. Tapi semua itu tentunya dibutuhkan skill coding yang tidak semua orang mampu melakukannya,

Fitur ini sempat dibahsa oleh Mas Mark dalam konferensi IT terbaru yang bisa dilihar di sini.

Jadi fitur ini bukanlah fitur terlarang yang coba digunakan oleh programming untuk mengakali messenger facebook, melainkan fitur yang memang disediakan dan diperbolehkan oleh ketentuan Facebook.

Bahkan jika keahlian programming kita canggih, kita bisa menciptakan toko online langsung dari messenger chat facebook kita. Pasti belum terbayang kan? Kok bisa toko online tapi hanya pakai messenger facebook?

Jadi begini ceritanya, jika kita punya kemampuan canggih dan dasar logika yang mantap, kita bisa mendevelop coding sehingga memungkinkan mesin penjawab akun facebook kita berubah menjadi toko online otomatis yang bisa diajak bicara (maksudnya chattingan :p ) oleh calon buyer kita.

Benefitnya jelas, kita tidak perlu lagi toko online yang harus membayar jasa website dan sewa domain hosting, tapi juga kita tidak perlu capek-capek meladeni pertanyaan buyer yang kadang Cuma kepo, atau pertanyaan berulang yang itu-itu aja.

Tapi juga tidak memarahi mereka karena kita sudah emosi dan marah ditanya-tanya terus. Namanya juga manusia wajar juga emosi. Hehe..

Oke daripada berlama-lama seperti apa contoh konkritnya, ini sahabat saya mas Aditya S sudah membuatkan review/demo bagaimana mesin chat facebook kita bisa diuban menjadi toko online sekaligus mesin penjawab otomatis untuk jadi CS kita.

Cekidot…

[pixelbolt_video video_id=”15″ /]

 

Silakan komentar jika ada yang perlu di tanyakan.

Oia satu lagi, untuk Anda yang level advance dalam penggunaan Facebook Ads, silakan baca pemanfaatan engagement dari chit-chat di facebook yang bisa ‘kita panggil’ lagi dengan Fb Ads. Silakan baca ulasannya di sini >> BACA DI SINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Ebook

25 Jurus Paten Main Instagram!

Terapkan langkah-langkah praktis ini untuk memaksimalkan Instagram Marketingmu. Terdiri dari 25 Langkah Paten yang dilakukan Brand-Brand besar untuk mengibarkan promosi mereka di Instagram. jangan sampai Kompetitormu melakukan, kamunya malah bengong!

Podcast

Video

Manifesto

PinterIM.com adalah blog yang menyajikan informasi, tips dan trik menjadi SOLOPRENEUR!

Temukan Potensi dan Minatmu, saya bantu menunjukkan jalan bagaimana Anda bisa mendapatkan kebebasan sekaligus menyebarkan nilai positif dari aktifitas Anda!

Mau dapat Income? Apalagi yang tidak akan Anda dapatkan jika Anda sudah bahagia dan aktif menyebarkan nilai positif? Income akan mengikuti sendiri.

TERMS OF USE

PRIVACY POLICY